• Breaking News

    Rabu, 08 Juli 2015

    Rahasia Lemari Besi DR.IL.NOMMENSEN Belum Terbongkar

    Pemkab Tobasa Dirikan Galeri Nommensen Berbentuk Rumah Adat Toba
    IL.Nommensen (kiri), Lemari Besi milik Nommensen (kanan)
    LINTAS PUBLIK –SIGUMPAR, Nampaknya masyarakat kristen di Indonesia bahkan dunia kan terus bertanya-tanya apa dibalik lemari besi milik Dr. IL.Nommensen itu, karena lemari besi yang dipakai Nommensen untuk menyimpan dokumen-dokumen pelayanannya sampai saat ini belum juga terbongkar.

    IL. Nommensen dengan nama lengkap Ludwig Ingwer Nommensen di daerah batak Nommensen di kenal dengan Ingwer Ludwig Nommensen atau IL.Nommensen, yang lahir di lahir di Nordstrand Denmark (kini Jerman), 6 Februari 1834, dan meninggal di Sigumpar, Tobasamosir 23 Mei 1918, pada umur 84 tahun, dia adalah penyebar agama kristen protestan kepada suku batak di Sumatera Utara.

    IL. Nommensen yang berasal dari negara Jerman, tetapi sangat dikenal di Indonesia. Hasil dari pekerjaannya, berdirinya sebuah gereja terbesar di tengah-tengah suku bangsa Batak Toba yaitu Huria Kristen Batak Protestan. BACA JUGA HUT ke 25 tahun, HKIP Jiarah Ke Makam Nommensen

    Banyak cerita dibalik penginjilan Nommensen, tapi masih banyak yang belum diungkap ke publik, salah satunya ialah dokumen rahasia Nommensen yang ada di ruang Doa Nommensen di lokasi pemakaman Nommensen di Sigumpar kabupaten Toba Samosir.

    Dokumen rahasia itu, tersimpan di sebuah lemari besi yang ukurannya berbentuk kotak, yang terbuat dari besi padat, diprakiraan beratnya 500 kg. Sampai saat ini belum ada yang dapat membuka rahasia dibalik lemari besi itu. “Ya itu lemari besi milik Nommensen, belum ada yang mampu membukanya,”kata Donald Hutabarat pengawas pemakaman DR.IL.Nommensen kepada www.lintaspublik.com, Selasa (7/7/2015) di lokasi pemakaman IL.Nommensen di Sigumpar.

    Donald Hutabarat menambahkan, karena kepedulian terhadap dokumen dan barang-barang Nommensen, pemerintah kabupaten melalaui dinas Pariwisata membangun sebuah rumah galeri yang berbentuh rumah adat batak di sekitar makam IL.Nommensen.

    “Karena banyaknya barang-barang Nommensen, maka pemkab Tobasa membangun sebuah galeri Nommensen di lokasi makam, sehingga dokumen-dokumen nantinya akan di pajang di tempat itu,”terang Donald Simarmata menjelaskan Galeri akan segera diresmikan oleh Bupati Tobasa.

    Sumber : www.lintaspublik.com

    Sinode

    Pengurus

    Tokoh