• Breaking News

    Selasa, 01 November 2022

    Tokoh Gereja, Yosepha Alomang Pejuang HAM dari Papua

    Banyak tokoh agama asal Indonesia yang memiliki pandangan yang moderat dan berkemajuan. Tidak terkecuali adalah tokoh-tokoh agama Kristen asal Indonesia yang turut memberikan sumbangsih pada perjalanan bangsa.

    Berikut  tokoh Indonesia beragama Kristen yang memberi kontribusi aktif pada kemajuan bangsa Indonesia.

    Yosepha Alomang Pejuang HAM

    Yosepha merupakan pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) asal Papua yang memperjuangkan kelestarian alam dan lingkungannya dari eksploitasi alam yang dilakukan Freeport kepada masyarakat yang terdampak.

    Sejak kecil Yosepha yang hidup tanpa ayah dan ibu, ini membuatnya tumbuh menjadi orang yang lebih kuat. Tahun 1970-an, Yosepha mendedikasikan dirinya sebagai bidan dengan bantuan gereja katolik.

    Perjuangan awal penegakan HAM yang Yosepha lakukan adalah saat anak sulungnya yang baru berumur 3 tahun meninggal karena kelaparan. 

    Ia memutuskan melakukan perlawanan kepada Freeport karena merasa perusahaan tambang emas terbesar di dunia tersebut tidak memberikan tanggung jawab kepada warga Amungme sebagai masyarakat sekitar yang terdampak aktivitas tambang.

    Yosepha bersama warga melakukan perlawanan dengan memotong saluran pipa Freeport, ini membuatnya dan warga harus keluar masuk hutan untuk menyelamatkan diri dari aparat militer yang menjaga Freeport.

    Usaha Yosepha dan warga tidak sia-sia. Freeport akhirnya memutuskan untuk memberikan 248.000 dollar Amerika Serikat kepada Yosepha, yang ia gunakan untuk membangun Kompleks Yosepha Alomang.

    Perjuangan Yosepha juga mendapat penghargaan dari beberapa lembaga, yakni Anugerah Lingkungan Hidup oleh Yap Thiam Hien Awards pada tahun 1999 oleh Yayasan Pusat Studi Hak Asasi Manusia Yap Thiam Hien dan Anugerah Lingkungan Hidup dari Goldman Environmental Foundation di tahun 2003. berbagai sumber

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sinode

    Pengurus

    Tokoh