• Breaking News

    Selasa, 01 November 2022

    Tokoh Kristen, Amir Sjarifoeddin Harahap

    Banyak tokoh agama asal Indonesia yang memiliki pandangan yang moderat dan berkemajuan. Tidak terkecuali adalah tokoh-tokoh agama Kristen asal Indonesia yang turut memberikan sumbangsih pada perjalanan bangsa.

    Berikut  tokoh Indonesia beragama Kristen yang memberi kontribusi aktif pada kemajuan bangsa Indonesia.


    Amir Sjarifoeddin merupakan salah satu tokoh nasional yang berkontribusi dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia. Sejak muda, Amir sudah mendapatkan pendidikan filsafat. Ia bersekolah di Haarlem, Belanda dan memperoleh gelar sarjana hukum di Batavia (sekarang Jakarta).

    Tahun 1931, Amir memutuskan berpindah keyakinan mengikut Yesus yang disahkan oleh gereja Huria Kristen Batak Protestan di Batavia. Amir juga aktif dalam pergerakan GMKI di era pendudukan Jepang.

    Salah satu perjuangan Amir adalah ketika ia mampu melakukan propaganda massa untuk melawan pendudukan Jepang. Kemampuan analisis dan pendekatan massa  yang dimilikinya tersebut membuatnya dipercayai Presiden Soekarno menempati beberapa jabatan menteri di awal-awal masa pemerintahannya, antara lain menteri penerangan dan menteri pertahanan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sinode

    Pengurus

    Tokoh