• Breaking News

    Selasa, 01 November 2022

    Tokoh Kristen, Franz Magnis Suseno

    Banyak tokoh agama asal Indonesia yang memiliki pandangan yang moderat dan berkemajuan. Tidak terkecuali adalah tokoh-tokoh agama Kristen asal Indonesia yang turut memberikan sumbangsih pada perjalanan bangsa.

    Berikut  tokoh Indonesia beragama Kristen yang memberi kontribusi aktif pada kemajuan bangsa Indonesia.

    Franz Magnis Suseno

     Franz Magnis Suseno merupakan tokoh intelektual yang ambil andil dalam perjalanan kebangsaan Indonesia. Selain aktif di bidang ak
    ademik, Franz Magnis Suseno atau akrab disapa dengan Romo Magnis merupakan seorang pastor Katolik.

    Meskipun seorang pemuka agama, Romo Magnis memiliki pandangan kebangsaan yang mendalam. Pada tahun 1961, di usia 25 tahun, Magnis yang saat itu masih tercatat sebagai warga Negara Jerman, datang ke Indonesia untuk belajar teologi dan budaya Jawa.

    Perjalanan spritual dan kultur membuatnya jatuh cinta pada Indonesia, dan memutuskan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan terwujud pada tahun 1977. Kecintaannya tersebut membuatnya aktif dalam perjalanan kebangsaan, salah satunya adalah dengan menulis buku berjudul Etika Kebangsaan Etika Kemanusiaan. Di bidang pendidikan beliau pernah menjabat menjadi Direktur Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta. Sumbangsih Romo Magnis tersebut kemudian membuatnya dianugerahi Bintang Mahaputra Utama oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2015.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sinode

    Pengurus

    Tokoh